Langsung ke konten utama

Keajaiban sedekah saat merasa kasihan

Teman, pernahkah kamu merasa, ada disaat melihat seseorang yang kau lihat di TV atau di jalanan, baik yang kau kenal ataupun tidak, hatimu merasa ada sesuatu yang tergerak dan membuat air matamu hampir menetes? yach itulah yang dinamakan dengan rasa kasihan, dimana rasa itu membuatmu ingin menolongnya entah itu memberi sedekah, baik berupa uang, pakaian ataupun itu yang jelas hatimu benar-benar tulus ingin memberi bantuan padanya walaupun kenyataannya kamu sendiri sedang dalam keadaan kere. Teman, tahukah siapa orang yang paling mudah dibalas sedekahnya yach dialah orang yang yang disaat benar-benar merasa kasihan pada saudaranya kemudian dia memberi sedekah dengan seikhlas-ikhlasnya disaat dia sendiri bisa dibilang sedang tidak memiliki banyak uang atau bahkan mengorbankan dirinya untuk memberikan semua uangnya demi menolong orang itu. Yach sebenarnya semua orang yang sedekah sudah pasti berbalas hanya saja beda cerita dan sensasi. Inilah yang membedakan orang yang bersedekah disaat merasa hatinya sedang kasihan pada seseorang yang ia lihat berbeda dengan sedekah yang terlalu memaksa atau sekedar ikut-ikutan namun hatinya ada satu titik gelisah dimana dia menunggu dan terus menunggu balasan 10x lipat dari Tuhan. Yach aku tahu tidak ada yang salah dengan sedekah dengan seperti itu, hanya saja sensasi yang didapat sungguh amat sangat jauh dan berbeda, keajaiban akan terasa pada orang-orang yang tulus dalam memberi tanpa sama sekali terbesit di dalam hatinya untuk mengharapkan balasan dari apa yang ia beri, sungguh benar-benar murni, hal itu dia lakukan karna memang ingin membantunya. Hanya Allah yang tahu apa yang ada dalam hati ini, semoga Allah mengampuni dosa-dosa yang ada dalam hati ini, yang tak pernah tahu apakah hal itu bisa menimbulkan dosa atau tidak.

Cobalah kita renungkan, ada disaat kita merasa kasihan sama penjual tua itu, pemulung itu atau orang gila itu atau siapapun dia ada terbesit di dalam hati kita untuk ingin menolongnya padahal uang untuk diri sendiri saja tidak cukup, kau tahu Tuhan sedang menguji keikhlasanmu, jika seandainya kamu ikhlas memberi sedekah pada orang itu maka saya yakin kamu akan menemukan apa itu yang dinamakan dengan keajaiban sedekah yang berbalas berkali-kali lipat. Berikut saya akan copas beberapa pengalaman dari teman kaskus, coba kalian baca dan renungkan kenapa orang-orang ini mendapatkan rejeki tak terduga alias rejeki yang berbalas dengan beberapa kali lipat akibat sedekah yang mereka beri. Yang sudah tentu hati mereka benar-benar terlibat yaitu sebuah keikhlasan yang amat sangat yang berawal dari rasa kasihan pada seseoarang ataupun karna cerita lainnya, monggo disimak.

*********************

Original Posted By merucul
subhanallah masalah sedekah ini memang diluar nalar manusia, pengalaman ane waktu ane masih kuliah, ane kuliah memang gak bisa merasakan hal hal mewah karena bokap ane juga harus membiayai dua adik ane yg juga masih sekolah.

singkatnya ane harus bayar biaya wisuda yg besarnya ane lupa, ane gak sampe hati kalo harus ngomong ke bokap karena bebarengan dengan adik ane yg butuh biaya untuk masuk perguruan tinggi. sedangkan tabungan ane tinggal 150rb. pas pulang dari kampus, ane liat anak kecil pengamen yg maaf bisu & tuli, dia kayaknya sih dipalak sama preman duit nya diambil gitar nya dirusak. ane kasian gan liat kejadian begitu. ane sempet bimbang juga duit 150rb ane kasih ke anak tsb. sedangkan batas pembayaran untuk wisuda tinggal 3 hari lagi. ane gak ambil pusing, gak wisuda juga gak apa2 yg penting kuliah lulus dan punya ijazah. percaya gak percaya senior ane dikampus yg udah bekerja malamnya tlp ane minta bantuan untuk membuat blueprint salah satu projectnya. agan tau jasanya berapa... dia menawarkan 15 jt cash.
itulah gan pengalaman sedekah yg menurut ane benar2 luar biasa.
pernah juga saat anak ane demam ane dan istri panik, maklum anak pertama usianya waktu itu 2 bulan. waktu ane bawa ke RS malam jam 12 an seyelah selesai checkup alhamdulillah anak ane boleh pulang gak perlu dirawat. pas mau pulang ada anak kecil di parkiran, anak itu ngeliatin ane deketin dia, ane kasi uang ane bilang buat jajan. si anak bilang makasih pak... terus nanya " dedeknya sakit ya pak" saya jawab iya, dedeknya demam mau pinter kali. terus si bocah ini berucap mudah mudahan cepat sembuh ya pak... subhanallah obat yg dari dokter belum sempet diminum demamnya udah sembuh.

Original Posted By kepalabatuskali


dari sinilah saya semakin yakin bahwa Allah SWT selalu menepati janjinya

ceritanya gini gan, waktu itu ane masih kelas kecil banget gan, kalo gak salah tahun 1990 atau 1991

saat itu lagi bulan ramadhan, ane dan bokap ane sering kepasar naik motor vespa gan sore2 gitu untuk beli jajanan buat buka puasa, nah waktu itu ada anak yang jaga parkiran motor bokap ane, sementara bokap ane masuk pasar buat belanja, ane jagain motor di depan pasar gan, karena males aja masuk pasar berkotor2 ria, apalagi waktu itu baru abis ujan dan becek

pas bokap ane selesai belanja, tiba2 ada anak yang lebih gede langsung deket2 ama bokap ane, seakan2 dia yang jagain tuh motor, anak yang lebih kecil yang dari tadi nungguin parkiran di bentak dan di suruh pergi ma tuh bocah yang lebih gede, dan dia minta parkiran ma bokap ane

karena bokap ane gak tau, dia langsung ngasih duit 100 perak ke bocah yang sok tadi, ane pun langsung bilang ke bokap ane kalo yang jagain sebenarnya bukan dia, tapi bocah kecil yang di sana, tapi bokap ane bilang mau gimana lagi, dah terlanjur ngasih ke tuh bocah sok tadi

kebetulan waktu itu ane punya duit 500 perak sisa dari jajanan sekolah yang gak jadi w belanjain karena mau di tabung di celengan, w hampiri deh tuh bocah kecil tadi dan ngasih ke dia semuanya, waktu itu uang 500 perak dah banyak gan, udah bisa buat beli permen yang banyak banget, soalnya harga permen waktu itu harganya cuman 25 rupiah sebiji

dan ternyata gan, malam nya bos bokap ane datang ke rumah ngobrol ma bokap ane, setelah dia mau pulang dia nyariin w, dan langsung ngasih duit 50ribuan ke ane sendiri, katanya buat jajan dan di tabungin sebagian

dari situlah ane percaya bahwa sedekah itu bakalan di bales lebih dari 10x lipat gan, bayangin aja dari 500 perak menjadi 50ribu di tahun 1990 itu bisa buat beli apa aja termasuk mainan yang ane sukai waktu itu.

dan waktu ane ceritain malam itu ke kakak, bokap dan nyokap ane mereka jadi terharu gan, bahkan bokap ane jadi berkaca2 gitu matanya

sampe sekarang ane kalo ada duit berlebih kalo lewat depan mesjid ane singgah buat ngisi celengan di mesjid trsbut meskipun tidak dalam waktu sholat

karena ane tau gan balasan yang akan di berikanNYA jauh lebih besar dari yang kita berikan

**********************
yach itulah serentetan kisah sedekah yang berbalas karna berawal rasa kasihan, sebenarnya cerita seperti ini masih banyak lagi. Bukan berarti sedekah itu harus menunggu untuk merasa kasihan dulu yach teman-teman. Bagaimanapun sedekah yang melibatkan hati yaitu rasa ikhlas yang benar-benar tulus maka sensasi balasan dari Tuhan pun begitu sangat luar biasa.

Sungguh indah apa itu yang sebenarnya cinta terdalam
Cinta kasih yang tumbuh dalam hati ini
Sungguh aku benar-benar mencintainya
Dan aku benar-benar ikhlas kehilangan satu hal demi dirimu
Namun tak kusangka Tuhan mengganti
Apa yang ku beri cinta ini untuknya
Bahkan Tuhan membalas banyak cinta untukku
Terima kasih Tuhan

Komentar

  1. cerita tentang sedekah memang selalu menggugah siapapun, sedekah tidak dilihat dari seberapa besar nilai sedekah itu, tetapi keikhlasan dalam bersedekah itulah yang utama.
    sedekah memiliki nilai sosial yang tinggi, dan Allah pun berjanji akan membalas sedekah itu berkali kali lipat. subhanallah......

    BalasHapus
  2. The power of GIVING.. :-D

    Makin banyak memberi justru akan semakin banyak pula yang kita terima dari-Nya..

    BalasHapus

Posting Komentar