Langsung ke konten utama

Benci Kerja Kelompok

Benci kerja kelompok, kenapa? Yach ini hanya sekedar pengalaman pribadi saja. Tulisan ini tujuannya bukan untuk membenci segala sesuatu yang berkaitan dengan kerja kelompok. Ini hanya sekedar uneg-uneg gue dari SD sampe kuliah bahkan dunia kerja.

Tahukah kalian, kerja kelompok adakalanya menyenangkan yach menyenangkan saat ngumpul-ngumpulnya doank, namun berdasarkan pengalaman gue sich lebih banyak ga senengnya, kenapa? soalnya waktu SD gue sering jadi ketua kelompok udah gitu anggotanya sama sekali ga ada yang bantu gue ngerjain tugas kelompok. Gue kadang BT sama guru, pengennya gue bisa milih sendiri anggota kelompok gue atau lebih baik ga usah ada kerja kelompok tapi ini yang nentuin guru, apalagi pake nunjuk-nunjuk gue yang jadi ketua kelompok. Hmm gue heran sama anggota-anggota kelompok gue dulu, setidaknya kalopun ga bisa bantu ngerjain tugas kelompok tolong donk kasih gue semangat dan do'a, tapi kalian malah asyik garuk-garuk kepala, yach gue tahu dech kalopun kepala kalian kagak ada kutunya, garuk-garuk tersebut hanya isyarat bahwa loe juga pusing gimana caranya ngerjain tugas yang begitu rumit dan banyak, iya khan. Hmm adakalanya gue tegas sama anggota gue, maksudnya sich bukan buat mereka nangis gue cuma pengen nyadarin mereka bahwa tugas kelompok itu harus dikerjakan bersama-sama, bukannya kalian asyik bermain-main bahkan malas-malasan. Adakalanya gue stress lho gara-gara tugas kelompok ini, hal ini membuat gue sering sakit akibat terlalu banyak mikir kalee, semua yang berhubungan sama kerja kelompok selalu gue kerjakan sendiri, meningan kalo tugasnya sedikit inimah buanyak banget bro, otak gue bener-bener mumet.  

Ga jauh beda dech SD sama SMP lagi-lagi gue jadi ketua kelompok, yang ini bener-bener gue yang ngerjain sendiri dari ide, buat kliping sampe modal segala kebutuhan kelompok gue yang urus, enak bener dech siapapun yang jadi anggota gue. Yach entah kenapa gue waktu dulu ikhlas-ikhlas aja ngerjain serba sendiri hingga akhirnya gue masuk rumah sakit kecapean sering banyak mikir. kemungkinan otak gue udah kagak kuat dech, gue emang jarang tidur, waktu itu kebetulan gue termasuk siswi yang rajin belajar, namun ga nyangka hal itu bisa merusak kesehatan gue.

Bahkan waktu SMU-pun, lagi-lagi gue yang ngerjain tugas kelompok, namun yang paling diinget adalah waktu kelas 2 SMU dimana gue waktu itu sama sekali belum mengenal yang namanya komputer bahkan mo pinjem mesin ketik pada tetangga pun kagak ada yang minjemin. Hingga akhirnya gue bikin tugas kliping dengan tulisan tangan, ga nyangka dech gue bisa nulis di kertas HVS sebanyak puluhan lembar, itu jari-jari gue untungnya baik-baik aja tuch walopun agak keriting dikit, terus temen gue yang harusnya bantu gue malah sibuk ngurusin pacarnya, hmm bener-bener dech, waktu itu gue sempet mikir tujuan sekolah buat apa sich, kenapa semua temen gue pada sibuk ngurusin pacar-pacarnya dibanding tugas kelompok, kalian enak-enakkan pacaran gue coba stressnya bukan main.

Masih di kelas 2 SMU, dimana gue ditugaskan untuk membuat sebuah naskah, lagi-lagi tugas ini murni gue yang ngerjain dari ide sampe modal buat biaya ke rental komputer buat ngetik naskah-naskah gue. Yang ga tau malu dari temen-temen gue adalah pengen gratis alias kagak ikut bayar dari segala kebutuhan dari kertas bahkan biaya rental komputer. Gimana rasanya yach waktu itu jadi gue, pokoknya gue hanya berdo'a moga kedepannya ga punya temen yang model gitu yang maunya enak sendiri dimana dia enak-enakan dieum, malas-malasan ga ikut bantu ngerjain tugas kelompok bahkan ga pengen ikut udunan. Astaghfirulloh gue baru nyadar sekarang entah kenapa dulu gue rajin amat tapi untungnya gue dulu orangnya sabaran. Dan walopun semua naskah gue yang ngerjain tapi semua rasa kesal gue terobati ketika karya gue disukai oleh teman-teman sekelas dan guru gue, walaupun mereka menganggap bahwa itu bukan hasil karya gue.

Yach kuliah pun berlanjut dan harapan gue waktu itu adalah jangan sampe ada yang namanya tugas kelompok apalagi jadi ketua kelompok lagi, lalu apa yang terjadi. Hmm ternyata tugas kuliah lebih banyak di luar perkiraan gue, dan tugasnya pun bukan individu melainkan kebanyakan tugas kelompok. Kalo dilihat-lihat kertas bekas photocopian bahkan bekas ngeprint juga buanyak banget. Masa kuliah adalah masa yang amat sibuk jarang sekali full ada liburnya, sekalipun ada libur pasti ada banyak tugas, kebanyakan sich tugas apa ya gue lupa lagi kalo ga salah tugas bikin program delphi, vibi.net, pascal dll. Gue udah lupa tuch semua pelajaran yang berkaitan sama jurusan gue hehe.

Agak meningan sich buat tugas kelompok masa kuliah, soalnya temen-temen gue kagak pelit kalopun gue yang ngerjain sendiri jadi kadang mereka bantu udunan walopun lagi-lagi otak gue harus kerja keras. Adakalanya gue ga jadi ketua kelompok, gue agak seneng sich, soalnya menurut gue jadi ketua itu harus pandai bertanggungjawab dan bisa membimbing para anggotannya hmm perasaan itumah tugas kepemimpinan tapi yach ga jauh beda dech ma ketua kelompok he.

Tugas kuliah adalah tugas yang melelahkan, gue sempet ga tidur beberapa hari ketika ada tugas skripsi dimana gue harus bikin program membuat laporan dan riset ke sebuah perusahaan, sebenarnya tugasnya buat ber-dua namun lagi-lagi semua itu gue yang ngerjain namun gue ga mo ngelanjutin pembahasan masalah ini takut ada yang baca nich haha nanti ada yang kesindir dech. Namun apapun yang terjadi diwaktu kuliah gue sich happy-happy aja walopun CPU sering ngehang, monitor sering mati dan program yang di buat sering error tapi ketika kumpul-kumpul bersama teman-teman kuliah di rumahku adalah hal yang tak bisa dilupakan, bahkan mereka sering nginep demi ngerjain tugas-tugas yang ga kelar-kelar yach semua kelelahan bisa hilang dech hanya dengan berkumpul dan bercanda sama mereka.

Masa kerja adalah masa yang dinanti setelah kuliah kelar. Ada saatnya gue boring dan lebih banyak boringnya saat dimasa kerja, yach tugas dunia kerja lebih stres dari sekolah kenapa? kalopun tugasnya gampang-gampang aja namun kebanyakan orang stres akibat lingkungan kerja misalnya dari perlakuan bos atau senior kita. Nach berdasarkan apa yang gue alami adalah berkaitan dengan tugas team dan apa yang gue bahas masih berkaitan dengan kerja kelompok. Yach walopun gue sebagai junior adakalanya gue sering mengalami ketidakadilan atau fitnah yach untuk pembahasan ini gue ga mo ngelanjutin lagi. Intinya kerja team adalah kerja dimana antara senior dan junior bahkan bosnya harus saling kerja sama, saling mendukung, saling memberi semangat, saling memberi ilmu namun apa yang pernah gue alami ternyata tidak sesuai harapan.

Nach itulah pengalaman gue tentang Benci Kerja Kelompok. Entah kenapa kerja team/kelompok yang gue alami selama ini membuat gue nyeksek yach walopun semua udah gue lewati setidaknya gue bersyukur ternyata gue bisa mengerjakan tuga-tugas itu dengan baik walopun kagak ada kerjasama baik dari anggota kelompok maupun rekan kerja.

Bagi siapapun yang sekarang punya tugas kelompok, kerjakanlah tugas tsb dengan baik, jadilah anggota/ketua kelompok yang bisa saling bekerja sama dan bertanggungjawab. Jangan kayak pengalaman gue ya, semuanya serba sendiri yang ngerjain dan teman-teman yang lainnya malah santei-santei ga ada gunanya. Sekolah itu bayar bro dan untuk sekolah itu tujuannya untuk mencari ilmu bukan untuk mencari pacar. Di luar sana sulit banget yang namanya sekolah, kalo kalian nyia-nyianin sekolah hanya untuk maen-maen doank apalagi buat ngisi pengalaman masa pacaran buat apa kalian pergi sekolah, apa ga malu liat mereka yang pengen banget sekolah tapi keadaan menyulitkan mereka.

Komentar

Posting Komentar