Langsung ke konten utama

Fokus dan menikmati proses lebih baik dari pada fokus pada hasil



Mungkin aku lupa, dimana saat aku begitu bersusah payah dalam meraih sesuatu, hingga saat malamku banyak ku isi dengan sebuah perjuangan yang entah kenapa kini ku sadari bahwa tekadku terdahulu begitu kuat. Yach ada kala ku merasa keajaiban datang padaku secara bertubi, aku juga tak tau kenapa dari sekian lama, baru pertama kali ku merasakan sebuah kemudahan dimana energiku tak perlu aku keluarkan dengan sekuat-kuatnya, ku hanya melakukan ritual syukur di pagi hari dan selebihnya aku bekerja dengan bahagia. Apakah hanya itu kunci agar ku temukan sebuah kemudahan, mungkin ia dan tentunya sebelumnya kesungguhanku teruji walau kala itu hasilnya tak seberapa, namun aku tau Tuhan maha adil, dilain waktu semesta sudah pasti membalas perbuatan kita sendiri, entah sesuatu yang tampak menguntungkan, membahagiakan atau sebaliknya.

Aku hanya melakukan sesuai kesanggupanku, ada kala aku ingin menangis oh ya bukan hanya keinginan saja, tapi aku benar-benar menangis, rasanya arah langkahku penuh dengan tembok hingga saat kebuntuanlah yang bisa aku lihat. Aku yang hanya seorang diri ditemani Tuhan yang ada dalam hati, tiada satupun yang mendo'akanku bahkan memeluk dan menggenggam tanganku dengan kata-kata yang membuatku tenang. Kau tau aku hanya bisa menangis, hingga saat waktu demi waktu ku isi dengan banyak membaca juga bekerja disaat bukan waktunya dengan hasil yang tak seberapa, namun sungguh tekadku begitu tinggi hingga aku belum jua menyerah.

Kau tau, aku percaya Tuhan maha adil, maha melihat, maha memberi apa yang kubutuhkan walaupun secara lisan aku belum memintanya. Tuhan sangat tau yang ada dalam hati, Tuhan juga tau kapan waktu yang tepat aku memiliki sesuatu yang ku butuhkan dan ku inginkan.

Kini sudah berlalu dan aku mengalami 2 hal dalam hidup ini yaitu kesulitan dan kemudahan. Dan saat ku mengalami kesulitan lagi ku teringat akan perjuanganku terdahulu, kini ku sadari bahwasanya aku hanya perlu melakukan sesuai kesanggupanku, aku tau didalamnya tentu ada kesulitan dan kemudahan, jika gagal aku tak apa, jika gagal aku tinggal bangkit kembali, jika gagal bodo amat, jika gagal ga masalah, jika gagal aku belajar lagi, jika gagal aku mulai lagi, jika gagal aku menjadi kuat, jika gagal tentunya masih ada solusi, jika gagal aku jeda sebentar, jika gagal pasti ada jalan lain dll ...

Komentar