Langsung ke konten utama

Ku hanya ingin melakukan hal-hal yang baik saja, tanpa terlalu mengharapkan apapun



Mungkin ia bagaimana bisa aku semudah itu untuk tidak terlalu berharap pada sesuatu yang aku inginkan, coba saja kalau bisa. Dikala kita berdo'a memohon pada Tuhan bukankah kita sudah jelas jika kita mengharapkan sesuatu dariNya dan kita hanya perlu menanti juga berupaya untuk meraih apa yang kita inginkan. Namun ada masalah yang mungkin aku, kamu, kalian dimana ada perasaan risau gelisah dimana apa yang diharapkan tidak kunjung tiba bahkan kadar rasa kecewa pun merasuk dalam pikiran dan hati yang sering kali mengganggu segala aktivitas hidup. Dan tanpa disadari jika aku telah meragukanNya dimana janjinya jika kita berdo'a maka Dia akan mengabulkannya namun setelah sekian lama mengulang do'a tapi tampak tidak dikabulkan.

Ya Allah, maafkanlah aku yang sempat bersikap sedemikian dimana ketika apa yang diharap tidak kunjung tiba dan justru yang datang adalah sesuatu yang membuat aku kecewa. Ya Allah kini kusadari jika aku terlalu berambisi, terlalu berharap berlebihan dan tidak mempersiapkan diri jika apa yang diharap takkan pernah ada hingga saat alarm hatiku menunjukkan rasa gelisah berkepanjangan akibat terlalu memikirkan apa yang paling aku harapkan.

Ya Allah, kini ku hanya ingin melakukan hal-hal yang dirasa itu baik namun aku juga tak ingin terlalu berharap akan sesuatu berupa imbalan, hasil memuaskan, pujian ... jikapun hal itu ada, sungguh aku ikhlas menerima sebagai bentuk rasa syukurku.

Kau tau kenapa ku ingin fokus mengerjakan hal-hal baik saja, sungguh hal itu adalah anugrah bagiku, dimana aku bersyukur sekedar punya kegiatan yang membuat tubuh ini bergerak, apalagi fokusku adalah hal baik, tenang, ikhlas dan yang paling utama tidak terlalu berharap bahwa apa yang kulakukan pasti ada imbalannya, sungguh Tuhan sudah cukup baik memberiku waktu, nafas yang lega, akal, kasih sayang, rizki berlimpah, sungguh aku ingin melakukan hal-hal yang baik saja tanpa terlalu mengharapkan apapun agar hati ini tidak terlalu melekat pada harapan yang pada dasarnya bisa menjadi beban saat menantinya, memikirkannya dan kau tau apa yang terjadi jika aku terlalu melekat, maka energiku terkuras dan kondisi jiwa raga ini seakan melemah dan efeknya menjadi malas berlebih, putus asa, gelisah karna terlalu berharap, terlalu menunggu, terlalu memikirkannya dll.

Yach aku tau itu sulit dan aku perlu berlatih setiap saat setiap hari, sekalipun nyatanya aku masih melekat namun setidaknya kadar rasa beban pikiran/hatiku untuk hal itu berkurang, dimana sekalipun apa yang ku tunggu takkan pernah ada, maka aku akan tetap merasa bahwa aku baik-baik saja.

Komentar