Langsung ke konten utama

Sulit



Aku disini masih menatap mimpi tanpa mencicipi. Aku terlalu memikirkan hasil dari apa yang ku ingin tanpa memperlakukan diriku untuk melakukan sesuatu. Aku masih berkata benar tanpa membuktikannya dengan benar.
Ada dinding dalam hati yang begitu keras untuk dilunakkan. Saking kerasnya batu dalam hati, begitu lama untuk dilunakki. Aku yang ada dalam aku, bisakah untuk bekerja sama dalam menjalani hidup lebih baik tanpa aku mengulang kata-kata yang sama bahwa aku terlambat dan bodoh dan apa yang harus aku lakukan.
Jika aku membahas satu demi satu kesalahan maka tak akan ada akhirnya untuk menghitung dosa-dosa yang ku kumpulkan selama hidup ini. Aku ingin menjadi berguna dimata orang, itu ada dalam hati namun ketika aku ingin membuktikkannya aku selalu merasa orang itulah yang berguna untukku, dan aku sebaliknya dari dia.
Aku yang ingin memuji diriku sendiri tentang apa yang baik dalam hati, sulit aku temukan semakin sulit aku cari aku semakin takut jika aku  akan berkata  aku sia –sia dalam hidup ini.
Apakah hubunganku dengan diriku baik? Dengan orang tua, keluarga hewan,  alam, masyarakat serta Tuhan, apakah hubunganku baik dengan mereka. Jika  aku jawab, baik dari mana semuanya terasa kacau balau. Begitu burukkukah  hubungan  sosialku. Ada apa denganku. Trauma dan gampang sakit hati masih sulit dilupakan. Aku ingin berkata jujur siapa saja  yang sudah menjahatiku, aku masih tidak sanggup. Untuk menyebut namanuya saja. Tubuhku serasa digerogoti virus-virus penghambat semangatku.
Masa lalu adalah yang sudah berlalu. Masa lalu akan tetap menjadi bayangan yang dapat membantuku maupun menghancurkanku. Masa lalu adalah jejakku dalam menapaki dunia. Masa lalu akan menghantui jika aku mengingatnya. Masa lalu jika dipikirkan tak akan memajukanku dimasa depanku.
Sulit itu apa. Sulit adalah sebuah alasan untuk membuat aku menjadi lebih keras dalam melakukan sesuatu. Jika tidak ada sulit namanya bukan mencari solusi tapi mencari kemanjaanku sendiri. Jika sulit itu tidak ada maka aku takkan pernah tahu jawaban yang aku cari selama ini. Seandainya aku menyadari bahwa sesuatu yang sulit adalah sebuah tantangan yang sangat menarik bukan sebuah penghambat pencapaian cita-cita  tapi merupakan sebuah kekuatan yang diberikan Tuhan agar aku menjadi sesuatu yang lebih dari yang lemah.
Dari segala rasa bingung ini semoga aku menjadi tahu, bahwa hidupku begitu sangat indah. Aku adalah manusia yang sangat luar biasa. Apa yang kuharapkan adalah luar biasa, aku akan bangga pada diriku sendiri. Aku pasti bisa menulis dengan lancar dan indah juga menguntungkan dan juga bermanfaat. Seperti saat ini aku menulis dengan sebuah harapan yang besar, bahwa aku akan menjadi hebat.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     
Lanjutkanlah hidupmu. Jika menyerah kau sama saja membunuh dirimu sendiri. Tiap orang punya keunikannya masing-masing. Karakter yang berbeda, mempunyai rasa dan selera yang berbeda, jika aku membandingkan terus dengan yang lainnya maka aku takkan pernah maju. Jadilah menjadi diri sendiri yang mau belajar dari pengalaman orang lain bukan membandingkannya dengan  sesuatu yang lebih darinya.
Sampai kapan pun hidupku ini, maka lanjutkanlah dari yang kurasa itu baik. Aku boleh merasa senang ataupun sedih yang penting aku tidak menyerah dari segala harapanku itu.
Aku sangat berterimakah dari semua yang ada. Aku menikmati yang sulit itu dengan mengubahnya menjadi sebuah kesabaran dan yang akhirnya aku menemukan solusi dari segala kesulitan itu. Aku menikmati dari segala ketakutan dan aku mengubah dengan memaksa bahwa ketakutan bisa berbalik arah menjadi sebuah keberanian yang tak pernah kuduga, walaupun aku sering berpura-pura berani namun karna kepura-puraan itulah aku menjadi berani beneran dan sangat menguntungkanku. Aku menikmati dari segala kekuranganku namun karna kekuranganlah aku menjadi manusia yang kuat dan memiliki pengalaman yang tak dimiliki orang lain, aku semakin memahami orang-orang yang lebih tidak beruntung dari aku.
Bagaimana mungkin jika aku merasa hampa. Aku sangat bersyukur memiliki otak ini, karna otak inilah aku pandai berfantasi menikmati dan menjelajah duniaku sendiri. Aku bebas berpikir apa saja, jika ingin memilih bersenang-senang maka aku akan senang, jika ingin sedih maka aku bisa bersedih, jika ingin takut maka aku bisa takut dan berbagai hal lainnya aku bisa menemukan berbagai hal dalam duniaku sendiri melalui otak ini dan aku tumpahkan dalam sebuah tulisan.

Komentar