Langsung ke konten utama

Kata-kata


“Kata-kata indah bisa membahagiakanku dan terlena
 kata-kata busuk bisa membunuhku dan menguatkan”

Ada rasa setiap yang aku dengar semuanya berbeda-beda sehingga membuat hati dan pikiranku masuk ke dalam perasaan yang sedang berkata. Terkadang menangis, tertawa tersentuh dan hanyut dalam sebuah perasaan. Semua berawal dari sebuah kata-kata yang terucap dan terdengar olehku. Kata-kata seperti apakah yang aku inginkan? Tentu saja sudah pasti kata-kata yang membuat aku bahagia dan termotivasi. Namun terkadang aku harus selalu mendengarkan kata-kata yang tak sepantasnya dikeluarkan sehingga membuat hati ini terluka. Banyak macam arti dari sebuah kata-kata, tak jarang orang berbeda pendapat akan arti sebuah kata bahkan sampai berseteru, semua karna bagaimana orang itu dalam berkata entah lembut atau kasar semua tergantung pada orang yang menyingkapi dari perkataan tersebut. Sebenarnya ketakutan yang selalu hinggap di dalam hati manusia adalah ketakutan yang membuat hatinya terluka yaitu sebuah kata-kata yang akan diucapkan oleh orang yang akan ditemuinya entah itu hinaan, cemoohan serta caci maki dll. Dan hanya dengan sebuah perkataan, orang bisa saja gagal dalam mengejar impiannya karna takut sebuah perkataan yang menyakitkan atau yang bisa membuatnya malu. Bahkan dengan sebuah perkataan, orang bisa saja bunuh diri karna sakit hati atau terbunuh karna punya penyakit jantung dan masih banyak lagi masalah-masalah yang bisa merugikan karna sebuah perkataan yang diucapkan. Tetapi dilain hal itu perkataan bisa membuat kita menjadi lebih baik, membuat orang yang mendengarnya pun merasa tenang dan mengikuti apa yang didengarnya. Namun bagaimanapun tetaplah berhati-hati dalam menyingkapi sebuah perkataan, jangan sampai tergoyah oleh sebuah perkataan walaupun perkataan tidak baik telah terdengar tetapi jika kita menyingkapi perkataan tersebut baik, maka baik pula yang akan didapat.
Ucapan adalah do’a itulah ungkapan yang sering kita dengar. Ucapan memang gampang untuk dikeluarkan namun ucapan bisa menjadi bumerang buat dirimu sendiri. Kata-kata yang dilontarkan sering kali dikeluarkan dengan seenaknya sehingga tak sedikit orang yang mau mendengarkan menjadi tak mau mendengarkan. Dan ucapan terkadang memang menjadi nyata, maka berhati-hatilah dalam berkata. Baik yang dikatakan untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Karna perkataan memiliki pengaruh yang  besar dalam kehidupan kita. Ketika aku berkata pada diri sendiri bahwa aku takut maka energi di dalam diri pun akan ikut takut namun ketika aku berkata pada diri sendiri bahwa aku bisa melakukan yang ku inginkan maka perkataan yang dapat memotivasi diri pun seakan-akan menjadi milik aku. Begitu juga jika aku berkata pada lawan bicara jangan sampai menghina karna selain dapat membuat hatinya terluka hal itu bisa membuat orang yang dihina merasa dirinya dianggap apa yang telah dihinanya, namun perkataanpun bisa berbalik arah pada diri kita sendiri. Ketika berkata baik maka baik pula yang akan datang pada diri kita begitu juga sebaliknya jika berkata buruk  maka buruk pula yang akan datang pada diri kita.
Banyak makna dalam sebuah kata, banyak pula yang terjadi dalam sebuah kata entah itu kebaikkan maupun kesalahan. Ucapan adalah sebuah kata yang dikeluarkan yang dapat menghantarkan kita kemanapun dari setiap yang terucap. Jadikanlah kata-kata itu yang memiliki rasa yang dapat menggerakkan hati ini menjadi baik dan bahagia yang penuh dengan cinta. Dan berhati-hatilah dalam berkata karna selain menumbuhkan cinta juda dapat membunuh atau menjatuhkan hati seseorang ketempat yang tidak sepatutnya. Perkataan adalah sebuah jembatan yang dapat menciptakan kedamaian juga dapat menghancurkan dunia.

Komentar