Langsung ke konten utama

Menjadi Pendengar Yang Baik



Terkadang ada sebelnya juga jika kita berbicara, namun lawan bicara kita tampak tidak  sungguh-sungguh dalam mendengar apa yang setiap kali kita katakan. Sebenarnya dia itu  mendengarkan atau tidak? itulah kata-kata yang terkadang terbesit dalam hati. Nah jangan  sampai kita menjadi menjadi pendengar yang buruk, yang seakan-akan kita tidak  menghargai apa yang setiap kali lawan bicara katakan pada kita. Makanya tak heran dalam  kehidupan sehari-hari sering terjadi salah paham karna buruknya komunikasi. Komunikasi  yang macet biasanya karna salah seorang tidak mau mendengarkan. Untuk itu tak ada  salahnya, kita berusaha menjadi pendengar yang baik.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menjadi pendengar yang baik :
-Hendaklah bersikap empati, yaitu mampu menempatkan diri dalam situasi orang lain.
-Ciptakan iklim emosional sehingga orang lain merasa aman, bebas dan dihargai untuk  berbicara.
-Disiplin dalam mendengar. Mau dan mampu memberi tanggapan yang sesuai dengan situasi  dan kodisi.
-Tunjukkan perhatian dan minat mendengarkan. Caranya dengan memperlihatkan posisi  tubuh yang santai. Arahkan pandangan mata ke pembicara sambil dibarengi ekspresi wajah  yang sesuai dengan perasaan pembicara. Tunjukkan sikap bersahabat, seperti melontarkan  senyum. Tak lupa gunakan anggukan kepala sebagai tanda penghargaan atau rasa tertarik.
-Memberi semangat pada orang lain untuk berbicara dan memberi ekpresi lanjutan untuk  tetap membuat orang lain berbicara.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Drs. Sukmana
              Majalah Intisari

Komentar