Terkadang ada sebelnya juga jika kita berbicara, namun lawan bicara kita tampak tidak sungguh-sungguh dalam mendengar apa yang setiap kali kita katakan. Sebenarnya dia itu mendengarkan atau tidak? itulah kata-kata yang terkadang terbesit dalam hati. Nah jangan sampai kita menjadi menjadi pendengar yang buruk, yang seakan-akan kita tidak menghargai apa yang setiap kali lawan bicara katakan pada kita. Makanya tak heran dalam kehidupan sehari-hari sering terjadi salah paham karna buruknya komunikasi. Komunikasi yang macet biasanya karna salah seorang tidak mau mendengarkan. Untuk itu tak ada salahnya, kita berusaha menjadi pendengar yang baik.
Berikut ini ada beberapa tips untuk menjadi pendengar yang baik :
-Hendaklah bersikap empati, yaitu mampu menempatkan diri dalam situasi orang lain.
-Ciptakan iklim emosional sehingga orang lain merasa aman, bebas dan dihargai untuk berbicara.
-Disiplin dalam mendengar. Mau dan mampu memberi tanggapan yang sesuai dengan situasi dan kodisi.
-Tunjukkan perhatian dan minat mendengarkan. Caranya dengan memperlihatkan posisi tubuh yang santai. Arahkan pandangan mata ke pembicara sambil dibarengi ekspresi wajah yang sesuai dengan perasaan pembicara. Tunjukkan sikap bersahabat, seperti melontarkan senyum. Tak lupa gunakan anggukan kepala sebagai tanda penghargaan atau rasa tertarik.
-Memberi semangat pada orang lain untuk berbicara dan memberi ekpresi lanjutan untuk tetap membuat orang lain berbicara.
Semoga bermanfaat.
Sumber: Drs. Sukmana
Majalah Intisari
Komentar
Posting Komentar