Langsung ke konten utama

Teka-teki kehidupan

“Ada jawaban dari segala pertanyaan teka-teki kehidupan melalui alam”

Lihatlah apa yang terjadi dari setiap hal dalam kehidupan ini. Jika kucermati ada begitu banyak keistimewaan yang dari semuanya mengarah pada manusia untuk berpikir. Pada dasarnya semua makhluk di muka bumi ini akan merasakan pahit dan manis demi berjuang mempertahankan apa yang ingin dimilikinya. Tuhan telah menciptakan berbagai jenis makhluk hidup ini dengan disertai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Adakalanya aku merasa terjatuh dari segala beban hidup ini, namun ketika aku melihat pohon yang tumbang, bahkan akarnya pun terlepas dari tanahnya yang diakibatkan oleh angin topan yang begitu besarnya sehingga pohon tersebut hanya bisa menerima apapun yang terjadi namun dari hari ke hari akar pohon tersebut mencoba untuk memulai kembali untuk tumbuh kembali seperti sebelumnya dengan sabarnya akar pohon tersebut mengarah dan masuk ke dalam tanah secara terus-menerus sehingga batang pohon tersebut mencoba untuk tegak lagi dan dari hari ke hari pohon tersebut semakin tegak, kokoh dan tinggi. Ternyata pohon yang telah terjatuh pun bisa bangkit kembali dengan rasa keinginan yang sangat kuat. Begitu juga manusia jika terjatuh maka bisa bangkit lagi jika memiliki keinginan yang kuat, sabar, serta sungguh-sungguh seperti pohon tersebut. Dan itu adalah salah satu dari banyak yang diperlihatkan oleh keagungan Tuhan.
Sesungguhnya alam ini diciptakan agar aku mengambil pelajaran dari setiap peristiwa yang terjadi dan dari semua peristiwa yang terjadi telah ada yang mengaturnya walau hal sekecil apapun. Semua atas kehendaknya. Namun dari apa yang diperlihatkan kebanyakan manusia tak pernah mengerti. Sesungguhnya jika aku benar-benar bisa melihat dari sekitar kita apapun yang terlihat, sesungguhnya semua hal itu ditujukan untukku agar aku bisa membedakan mana yang baik maupun yang buruk dalam menanggapi segala hal. Aku bisa tersenyum saat melihat pemandangan, akupun bisa menangis saat bencana melanda. Perasaan seperti itu akan datang ketika hadirnya sesuatu yang telah terlihat. Karena manusia dan alam memiliki kedekatan dalam sebuah perasaan. Jika manusia mencintai alam maka alampun akan mencintai manusia dengan cara alam memperlihatkan dirinya terlihat cantik dan indah dipandang begitu juga sebaliknya jika manusia merusak alam maka alampun akan rusak dengan sendirinya. Semua yang ada di dunia ini adalah tergantung dari manusia itu sendiri.
Ada jawaban dari segala pertanyaan teka-teki kehidupan melalui alam. Ketika aku mencoba bertanya ke dalam diri sendiri entah itu sebuah kemudahan atau kesulitan lambat laun aku akan mengetahui jawaban dari segala yang aku belum pahami melalui perjalanan hidup yang aku lalui. Aku bisa melihat gambaran dari alam sekitarku bahwa ada proses dari setiap apa yang dihasilkan. Semua pasti pernah mengalami jatuh bangun, gagal atau hal-hal tersulit lainnya. Sebenarnya hal-hal seperti itulah yang bisa menjadikan aku lebih kuat seperti pohon atau gunung-gunung yang kokoh berdiri kuat menghadapi berbagai terpaan. Ketika aku mengeluhkan berbagai hal maka aku harus mencoba untuk melihat ke dalam diriku, apa saja yang bisa aku lakukan setiap harinya, bukankah aku bisa melihat, mendengarkan serta merasakan sesuatu yang membuatku sangat menikmati. Jadi hanya bersyukurlah yang harus aku miliki.


Komentar